Pages

Legenda Gunung Kemukus


Ketika kerajaan Majapahit mendekati saat akhir banyak bangsawan dan punggawa melarikan diri karena berbagai pemberontakan dari dalam negeri terutama serangan Girindrawardana. Menurut cerita , beberapa dari mereka ada yang melarikan diri ke wilayah Tengger dan ada pula yang menyebrang ke Pulau Bali. Tersebutlah Pangeran Samodra , seorang bangsawan Majapahit berparas elok , indah budi bahasanya , lembut tutur katanya , lengkap tata kramanya , serta  baik dan jujur hatinya. Pangeran Samodra juga mengalami kebimbangan antara hendak menyelamatkan diri dan ikut mengungsi , Tinggal di kerajaan Majapahit karena cintanya pada negara , atau mengikuti Raden Patah ke Kerajaan Demak. Raden Patah ingin mengajak Pangeran Samodra karena melihat sifat , kecerdasan , dan keterampilan Pangeran Samodra yang juga dapat memberikan bantauan dan dukungan kepada Raden Patah di Demak. Disamping itu pangeran Samodra juga merupakan anak dari Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu wali yang memberikan dukungan pada Raden Patah.
gunung kemukusyang senantiasa berasap....
Sampai lewat berapa malam ia berpikir dan mempertimbangkan keputusan yang paling baik. Akhirnya , setelah melewati perenungan dan pembicaraan lama dengan Raden Patah ; Pangeran Samodra memutuskan untuk bergabung dengan Raden Patah. Kepergiaanya di ikuti oleh ibu tirinya yang terkenal cantik dan awet muda , Dewi Ontrowulan.
Setiba di Kerajaan Demak , Raden Patah dan rombongannya segera menyiapkan tata pemerintahan dan Menghimpun kekuatan untuk menyerang Girindrawardana yang tengah menguasai Majapahit. Raden Patah berniat untuk mengumpulkan kembali para bangsawan Majapahit yang melarikan diri terutama saudara-saudara Pangeran Samodra.Raden Patah berpikir jika para bangsawan , punggawa , saudara-saudara Pangeran Samodra bersatu dibawah naungan Kerajaan Demak ; bukan saja Kerajaan Demak akan menjadi lebih kokoh dan kuat karena dukungan petinggi petinggi berwibawa , melainkan juga kekhawtiran akan munculnya permusuhan dari kalangan sendiri dapat dihindari. Selain itu dukungan para petinggi majapahit ini sangatlah penting dalam rangka persiapan menggempur Girindrawardana.
Pada suatu malam di panggilah Pangeran Samodra oleh Raden Patah. Raden Patah pun menjelaskan gagasannya kepada Pangeran Samodra. Ia pun memberi tugas kepada Pangeran Samodra untuk mencari dan mengumpulkan para petinggi kerajaan Majapahit ini. Tanpa banyak komentar , Pangeran Samodra menyanggupi tugas berat itu. Pangeran Samodra pun meninggalkan Kerajaan Majapahit melaksanakan tugas dari Raden Patah di ikuti beberapa punggawa Kerajaan Demak. Untuk mencari dan mengumpulkan para petinggi Majapahit bukanlah hal yang mudah. Para Petinggi itu bukan saja tidak diketahui kemana larinya , melainkan juga ada kesengajaan bersembunyi karena takut. Ada pula penduduk yang berniat melindungi upaya persembunyian mereka sehingga pencarian pun menjadi lebih sulit. Tapi berkat ketekunan dan keuletan Pangeran Samodra , upaya pencarian itu akhirnya berhasil. Beberapa bangsawan dapat di temui dan di bujuk untuk mendukung Raden Patah.
Mula-mula di lereng Gunung Lawu , Pangeran Samodra bertemu dengan Raden Gugur. Kemudian , ia bertemu ia bertemu Raden Bethara Katong yang di kenal sebagai adipati Ponorogo. Beberapa bangsawan , petinggi , serta punggawa yang lain juga dapat ditemui dan dibujuk. Yang terakhir ditemui adalah Adipati Madiun.
Di lain tempat , setelah lama tidak berjumpa dengan Pangeran Samodra ; perasaan rindu Dewi Ontrowulan kepada putra tiri tunggalnya mulai menderu. Wajah Pangeran Samodra tampak membayang didepan mata saat siang maupun malam. Sementara itu , Pangeran Samodra mulai sering sakit-sakitan karena lelah yang berkepanjangan. Beberapa punggawa yang menyertainya , memberikan saran supaya Pangeran Samodra pulang ke Kerajaan Demak karena tugas dirasa sudah cukup berhasil. Usul itu pun di terima oleh Pangeran Samodra. Rombongan itu pun berangkat kembali ke Kerajaan Demak. Ketika rombongan tiba di Dukuh Barong , Pangeran Samodra pun jatuh sakit dan tak bisa melanjutkan perjalanan. Ia pun mengutus dua orang prajurit setianya untuk melanjutkan perjalanan ke Kerajaan Demak guna melaporkan semuanya kepada Raden Patah dan ibunya , Dewi Ontrowulan.
Begitu utusan ini berangkat , sakit Pangeran Samodra semakin bertambah parah. Dalam bayang-bayangnya , ajal mulai tampak berkelebat. Merasa ajal telah dekat , Pangeran Samodra pun berpesan , jika kelak dirinya meninggal , ia meminta agar jasadnya di makamkan di sebuah bukit yang terletak di sebelah barat dari Dukuh Barong.
Alkisah , dua utusan Pangeran Samodra telah tiba di Kerajaan Demak dan melaporkan semua kepada Raden Patah termasuh prihal sakitnya Pangeran Samodra. Ketika kabar sakitnya Pangeran Samodra sampai ke telinga Dewi Ontrowulan , ia pun merasa sedih. Kemudian , Dewi Ontrowulan pun meminta izin kepada Raden Patah untuk menyusul putra terkasih ke Dukuh Barong.
sang ibu yang mengejar jenazah anaknya,,,
Dewi Ontrowulan pun mendapat izin dari Raden Patah dan segera berangkat.namun Alangkah remuk redam hati Dewi Ontrowulan setiba di Dukuh Barong mendapati kabar bahwa Pangeran Samodra telah meninggal dan jasadnya pun sedang dalam perjalanan menuju Bukit tak jauh dari Dukuh Barong untuk dimakamkan. Dengan menangis pilu dan tersedu-sedu Dewi Ontrowulan menyusul jenazah putranya itu. Di kaki bukit ini , Dewi Ontrowulan melihat iring-iringan jenazah Pangeran Samodra. Ia pun bertekad menyusul iring-iringan itu. Namun sebelum naik bukit , Dewi Ontrowulan Merasa perlu membersihkan diri dengan mandi di telaga yang telah digunakan untuk memandikan jenazah putranya. Selesai membersihkan diri , sang ibu pun menyusul iring-iringan jenazah anaknya dan tiba tepat ketika jenazah Pangeran Samodra di turunkan ke liang lahat. Dewi Ontrowulan melihat sang putra tercinta tergolek didalam liang kubur. Tiba-tiba matanya berkunang-kunang dan secara mendadak degup jantungnya berhenti. Ia pun terjatuh ke dalam liang lahat..
Para pelayat pun kaget melihat ini dan segera memeriksa keadaan Dewi Ontrowulan dan mengetahui sang ibu telah meninggal. Jenazah anak dan ibu ini akhirnya dimakamkan di liang lahat yang sama. Seiring berjalannya waktu makam dari Pangeran Samodra dan Dewi Ontrowulan mulai dikeramatkan oleh orang-orang dan di gunakan untuk ritual tertentu. Dalam menjalankan ritualnya mereka kerap sekali membakar kemenyan agar permohonan mereka terkabul. Di lihat dari jauh bukit kecil ini senantiasa mengeluarkan asap akibat dari banyaknya peziarah yang membakar kemenyan. Oleh karena itulah bukit ini pun di beri nama Gunung Kemukus yang berasal dari kosakata bahasa jawa "kukus" yang artinya asap...

Jati parianto

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika teman2 butuh angka jitu 2d 3d 4d di jamin 100% tembus saya sudah membuktikan saya di bantu sama mbah sero 4d dan 2d pengeluaran sgp sama hk sudah 3X putaran saya menang syukur alhamdulillah hutang2 saya semua pada lunas bagi yang mau menang seperti saya ini jalan yang bisa melunasi hutang dan masih banyak bantuan lainnya didalam blog mbah semuanya sudah di jelaskan atau silahkan buktikan sendiri dengan cara hubungi no 082_370_357_999 namanya mbah sero ATAU BUKA BLOG MBAH SERO DISINI

      Hapus